Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Narik Jadi Ojek Khusus Wanita, Lumayan Nambah Penghasilan

2 min read

Sudah bukan eranya lagi perempuan cuma diam di rumah. Tugasnya nyiapin ini-itu buat keluarga, terutama suami.

Berkat Raden Ajeng Kartini dan pejuang emansipasi lain, perempuan bisa menjadi pencari nafkah buat keluarga juga. Bahkan mereka yang memutuskan jadi ibu rumah tangga masih bisa dan boleh nyambi sabet sana-sini.

 

Gak sedikit ibu rumah tangga yang sekarang ikut membantu suami memupuk tabungan buat keluarga. Contohnya, jual-beli emas buat investasi atau jualan online.

 

[Baca: 7 Tempat Jual Beli Emas buat Mommies yang Ingin Investasi]

 

 

Memang, karena statusnya bukan wanita karier full time, jadi ada batasan saat cari penghasilan buat ibu rumah tangga. Tapi batasan itu gak menghalangi mereka untuk bersaing dengan wanita pekerja dalam hal penghasilan.

 

Salah satu caranya, lewat layanan ojek khusus wanita. Tapi beda dengan ojek biasa, pekerjaan yang bisa ngasih penghasilan buat ibu rumah tangga ini memanfaatkan Internet.

 

Nah, daripada cuma buka Facebook atau Twitter doang saat berselancar di Internet, mending manfaatin dunia maya itu buat cari penghasilan tambahan. Saat ini sedikitnya udah ada 2 layanan ojek online khusus wanita: LadyJek dan Ojek Syar’i.

 

Keduanya mirip dengan layanan ojek online yang umum, seperti GoJek dan GrabBike. Tapi, ada sederet keuntungan dari ojek online khusus wanita ini untuk nambah penghasilan buat ibu rumah tangga.

 

1. Ada fitur keamanan

Di LadyJek, ada fitur keamanan yang gunanya mirip dengan alarm. Kalau pengendara LadyJek terancam keamanannya, bisa nyalakan fitur itu untuk menyalakan suara yang bisa menarik perhatian orang di sekitar dan memberi tahu kantor pusat.

 

ojek khusus wanita

 

LadyJEK, salah satu ojek online wanita yang mulai happening

 

 

Ojek online biasa gak punya fitur itu. Soalnya, LadyJek penumpang dan sopirnya perempuan. Di Jakarta lagi. Ancaman begal atau kejahatan lain selalu ada. Sayangnya, di Ojek Syar’i fitur ini belum ada.

 

 

[Baca: 5 Tips Menghadapi Begal Motor yang Beringas Meneror Para Bikers]

 

 

2. Lokasi driver ketahuan

Pada kunci kendaraan driver LadyJek, ada fitur yang bisa ngasih tahu kantor pusat lagi di mana posisi kendaraan itu. Jadi, kalau terjadi apa-apa, kantor tahu harus ngirim bantuan ke mana. Tapi, fitur ini juga belum ada di Ojek Syar’i.

 

3. Dapet asuransi

Fitur ini juga baru ada di LadyJek. Driver dan penumpang LadyJek dijamin asuransi kecelakaan sama kantor pusat. Jadi, kalau (amit-amit) mengalami kecelakaan, dua-duanya bisa klaim uang pertanggungan asuransi itu.

 

[Baca: Melihat Pentingnya Asuransi Buat Masa Depan Keluarga]

 

4. Diuntungkan tradisi

Di Indonesia, ada tradisi bahwa alat transportasi keluarga lebih diprioritaskan buat laki-laki. Beli motor, misalnya, pasti yang lebih sering pakai suami, bukan istri. Ini bermanfaat banget buat pengendara LadyJek dan Ojek Syar’i.

 

Karena itu artinya banyak perempuan dalam keluarga yang berkegiatan di luar rumah pakai transportasi umum. Melihat betapa enaknya layanan LadyJek dan Ojek Syar’i, bukan gak mungkin mereka sewa jasa layanan ojek online ini.

 

ojek khusus wanita

 Buat kalangan muslim yang menghindari kontak dengan nonmuhrim, Ojek Syar’i bisa jadi pilihan tepat

5. Aman dari nonmuhrim

Ini terutama berlaku buat driver Ojek Syar’i. Layanan ojek online ini memang sedari awal didirikan buat kalangan muslim yang menghindari kontak dengan nonmuhrim. Kalau pakai ojek biasa dengan driver pria, jelas bakal ada kontak itu.

 

Ini juga sama-sama menguntungkan buat driver dan penumpang Syar’i. Buat pengendara, gak bakal kagok boncengin cewek. Buat penumpang, gak risih kalau tiba-tiba driver ngerem mendadak, ya gak?

6. Bebas mau narik kapan aja

Ibu rumah tangga tentunya tugas utamanya ngurus keluarga. Lewat ojek khusus wanita secara online ini, ibu rumah tangga bebas mau cari duit kapan aja.

 

Misalnya beres-beres rumah, nyuci, masak sampai siang. Terus jadi driver siang sampai sore, lalu pulang ke rumah. Boleh-boleh aja. Mau seharian narik juga monggo.

 

Itulah lima keuntungan dari layanan ojek online buat wanita yang bisa ngasih penghasilan buat ibu rumah tangga. Bukan cuma suami yang bisa cari penghasilan dengan ngojek, kan?

 

[Baca: 5 Fakta bahwa Ngelamar Jadi Gojek Bisa Kasih Penghasilan Lebih]

 

 

ojek khusus wanita

 

 

Aplikasi ojek online mudah, aman dan lengkap, pastinya ibu rumah tangga juga bakalan bisa ngegunainnya

 
Untuk saat ini,  LadyJek baru beroperasi di Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan Ojek Syar’i baru di Surabaya. Semoga layanan ojek khusus wanita ini bisa segera buka di daerah lainnya.

 

 

 

Image Credit :

  • http://assets.kompas.com/data/photo/2015/10/08/1407356ladyjek1780x390.jpg
  • http://www.cekricek.co.id/images/fokus/jek1.jpg
  • http://1.bp.blogspot.com/-bNa4SePgaFo/VhBsQTCSTEI/AAAAAAAAAyE/2fvz-HSwrM4/s1600/aplikasi%2Bladyjek.jpg

9 Cara Mudah Mendapatkan Uang dengan Modal Smartphone Doang

Banyak cara mudah mendapatkan uang yang bisa kamu coba hanya bermodalkan smartphone. Smartphone lho ya, bukan handphone jadul yang terbatas fungsinya. Kali ini DuitPintar...
ID_Prasetyo
3 min read

Pendapatan Gak Menentu? Ini 6 Kerja Sampingan yang Cocok…

Seiring dengan bertambahnya biaya hidup, kerja sampingan jadi opsi yang paling tepat untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan. Hal ini berlaku bagi mereka yang gaji...
ID_Prasetyo
2 min read

Tinggalkan Pekerjaan Utama, 4 Pengusaha Ini Justru Sukses Lewat…

Pekerjaan sampingan memang gak bisa dianggap remeh. Meskipun dikerjakan saat waktu senggang, tapi pendapatan yang diperoleh lumayan. Bahkan, kerja sampingan juga bisa lho mengantarkan...
ID_Prasetyo
2 min read