Mau Kuliah di Luar Negeri? Nih, 6 Negara Tujuan Kuliah dengan Biaya Gak Lebih dari Rp 120 Juta per Tahun

3 min read

Akhir-akhir ini Nindi yang baru saja lulus SMA, sedang galau. Nindi tahu kedua orangtuanya punya kemampuan finansial yang baik. Meskipun begitu, Nindi gak mau impiannya untuk bisa kuliah di luar negeri bakalan membebani kedua orangtuanya.

 

Kuliah di luar negeri saat ini sepertinya sudah jadi sesuatu yang makin diidamkan oleh semakin banyak orang di Indonesia. Jalan untuk bisa kuliah ke luar negeri pun semakin terbuka lebar, salah satunya dengan maraknya jalur beasiswa.

 

Berhasil mendapatkan beasiswa itu gampang-gampang susah dan pada kenyataannya gak semua orang bisa. Syarat utama untuk dapetin beasiswa itu antara lain prestasi, faktor ekonomi atau hadiah dari program pemerintah maupun yayasan luar negeri.

 

Pengin kuliah di luar negeri tapi gak memungkinkan untuk dapetin beasiswa?  Jangan sedih! Impian kamu untuk menuntut ilmu di negeri orang dengan biaya terjangkau masih bisa terwujud kok.

 

[Baca : Dapat Beasiswa ke Luar Negeri tapi tak Cakup Semua Biaya Ini Tips Genapi Biaya Tambahannya]

 

6 Negara tujuan kuliah dengan biaya pendidikan dan biaya hidup gak lebih dari Rp 120 juta per tahun

 

Salah satu grup perbankan terbesar di dunia, yakni HSBC, pernah merilis survei berisi daftar negara dengan biaya kuliah termurah dan termahal. Survei ini dibuat setelah menganalisis data publik dan menghitung rata-rata biaya kuliah untuk mahasiswa internasional per tahunnya.

 

Coba simak baik-baik enam negara dengan biaya kuliah gak lebih dari Rp 120 juta ini. Siapa tahu bisa jadi bahan referensimu untuk mewujudkan impian kuliah di luar negeri: 

 

1. Jerman

 

kuliah di luar negeri

 

Jerman emang sudah terkenal sebagai destinasi pelajar dari berbagai negara 

 

Jerman terkenal sebagai negara tujuan para pelajar dari berbagai belahan dunia. Pasalnya, Jerman bisa memberikan jaminan terbaik bagi para pelajar dengan biaya kuliah dan biaya hidup yang murah lho, ciyus deh!

 

Universitas negeri mendominasi dengan biaya kuliah hanya sekitar Rp 5 juta per bulan, tergantung dari universitasnya juga ya.  Jika ditotal, biaya kuliah dan biaya hidup termasuk hangout gak akan lebih dari 100 juta rupiah per tahun lho. Lumayan terjangkau dong!

 

2. Spanyol

 

Spanyol tercatat sebagai negara yang menyediakan fasilitas kuliah berkualitas sekaligus biaya hidup yang murah. Nih ya, biaya hidup yang harus kamu keluarkan per tahun bakalan gak lebih dari Rp 84 juta rupiah per tahun (Rp 7 juta rupiah per bulan). Sementara dengan budget Rp 15 juta rupiah per tahun kamu udah bisa menikmati pendidikan perkuliahan.

 

kuliah di luar negeri

Pasti bangga banget bisa menjalani studi ke negeri matador ini

 

 

3. Taiwan

 

Nah, buat kamu yang gak mau berada terlalu jauh dari keluarga, Taiwan bisa jadi salah satu pilihan destinasi kuliah. Emang sih kalo dilihat dari nominal, rata-rata biaya kuliah di Taiwan gak jauh beda dengan Indonesia. Begitu juga dengan biaya hidupnya.

 

Rata-rata biaya kuliah untuk mahasiswa internasional di Taiwan sebesar US$ 3.270 (45 – 46 juta rupiah) per tahun atau Rp 3,8 juta /bulan. Sedangkan biaya hidup di negara ini rata-rata sebesar US$ 4.987 (Rp 69 juta) per tahun atau Rp 5 – 6 juta/bulan.

 

kuliah di luar negeri

Pasti sudah familiar dengan negara di mana F4 ini berasal dong ya!

 

 

Kalau kamu bisa lebih berhemat, bukan gak mungkin kamu cuma butuh merogoh kocek 4 juta an untuk biaya hidup per bulan. Harus bisa dong mengirit sedikit demi masa depan.

 

4. Tiongkok

 

Rata-rata biaya kuliah untuk mahasiswa internasional di Tiongkok sebesar US$ 3.983 per tahun (sekitar Rp 55 – 56 juta rupiah). Sementara rata-rata biaya hidup di negara ini sebesar US$ 4.783 (Rp 65 – 66 juta rupiah) per tahunnya atau Rp 5 – 6 juta an per bulan.

 

kuliah di luar negeri

Budaya Tiongkok sebenarnya lekat dengan keseharian budaya kita loh, mengingat Indonesia kaya akan etnis

 

5. Rusia

 

Rata-rata biaya kuliah untuk mahasiswa internasional di Rusia sebesar US$ 3.131 (Rp 42 – 43 juta rupiah) per tahunnya. Sementara untuk rata-rata biaya hidup di negara ini sebesar US$ 6.310 (Rp 88 juta rupiah) per tahunnya atau Rp 7 juta rupiah per bulan.

 

kuliah di luar negeri

Negara yang sering mengundang decak kagum dengan orang-orang hebat nan cerdas

 

6. Perancis

 

Siapa sih yang gak bermimpi untuk berada di negara yang terkenal sebagai pusat mode dunia ini? Ternyata gak perlu parno berlebihan soal biaya hidup, kisaran biaya hidup di negara ini sekitar €350-€500 (Rp 5 – 8 juta rupiah) per bulan.

 

Sedangkan untuk biaya kuliah di universitas tinggi negeri di sini, cukup merogoh kocek sebesar 5 juta-an per tahun. Untuk info lebih jelas coba datangi IFI (Institut Francais Indonesia) yang ada di Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

 

kuliah di luar negeri

 

Pengin dong menikmati sunset dekat menara Eiffel 

 

 

Satu hal yang harus kamu ingat, biaya kuliah dan biaya hidup di atas hanya merupakan kisaran ya. Agar bisa bantu memberi gambaran berapa biaya yang dibutuhkan untuk kamu yang lagi rencana kuliah di luar negeri. So, sewaktu-waktu bisa saja berubah sesuai dengan fluktuasi mata uang asing yang berlaku terhadap rupiah ya.

 

Gimana nih? Sekarang kamu mungkin sudah bisa mendapat perkiraan biaya yang harus dipersiapkan jika ingin kuliah di negara-negara tersebut ya. Tambahan lagi, kuliah di luar negeri biasanya kamu juga bisa mendapat kerja sambilan (part-time) dengan mudah lho.

 

Kemudahan untuk bekerja sambilan ini biasanya disediakan oleh restoran-restoran cepat saji dan bayaran yang ditawarkan juga lumayan. Tapi ingat, fokus dan prioritas utama kamu tetap harus belajar ya, jangan malah terlalu asyik kerja part time dan bergaul. Bisa bahaya tuh!

 

[Baca : Cara Bayar Kuliah Sendiri tanpa Tergantung Duit Orangtua]

 

 

Kuliah di luar negeri gak selalu identik dengan biaya yang fantastis selama kita mau berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya dan yang akurat.  Sekarang tinggal dikembalikan ke masing-masing pribadi aja.

 

 

Saat sudah membulatkan tekad untuk menuntut ilmu di negeri orang, pikirkan dan mulai siapkan biayanya. Ingat, selalu ada jalan menuju ke Roma!

 

 

 

Image Credit :

  • http://blogs.nd.edu/sla2012/files/2012/04/germanyslapic.jpg
  • http://www.bnsholiday.com/wp-content/uploads/2015/04/b1.jpg
  • https://login.sbf.org.sg/SBF/images/kitay-knr-tayvan-taybey-4626.jpg
  • http://analisadaily.com/assets/image/news/big/2015/07/bukti-islam-sebagai-hadiah-tiongkok-kepada-indonesia-151281-1.jpg
  • http://www.bglconline.com/wp-content/uploads/2014/10/budaya-rusia.jpg
  • http://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2015/01/Foto-1-Kenapa-Perancis-Paling-Banyak-Dikunjungi-Wisatawan-Dunia-1024×512.jpg

Cari Cara Jadi Sukses? Yang Penting Gak Pelihara 6…

‘Lisa, lu doain ya gue bisa naik gaji bulan depan’ Rina berujar ke rekan kerjanya dengan mata berbinar. ‘Iya gue doain, makanya lu tunjukin...
ID_Prasetyo
2 min read

Pendidikan Keuangan Sejak Dini: Patutkah Memberi Anak Uang untuk…

Semua anggota keluarga sudah selayaknya punya tanggung jawab sama dalam membereskan rumah. Bahkan sekalipun keluarga itu sudah punya asisten rumah tangga.   Para ibu...
ID_Prasetyo
2 min read

Kenali Ragam Metode dan Biaya Sunat Anak Agar Tahu…

Tahu sunat alias khitan kan? Yup, sunat adalah semacam operasi kecil untuk melepaskan kulup atau kulit yang menutup ujung penis. Di Indonesia, sunat bukan hal...
ID_Prasetyo
3 min read