Lebih Hemat Mana Sih, Laundry atau Cuci Sendiri? Coba Kita Hitung Yuk!

2 min read

You are what you wear. Quote ini pasti sering kita dengar ya. Yup, pakaian atau baju sudah jadi bagian gak terpisahkan dari kehidupan manusia.

 

Selain punya fungsi melindungi, pakaian atau baju juga punya fungsi mempercantik penampilan seseorang. Gak jarang pakaian jadi faktor penentu tingkat kekayaan atau strata sosial seseorang.

 

[Baca: Ini Alasan Kenapa Lebih Hemat Kalau Beli Baju Bermerek]

 

 

Sejatinya, yang paling penting dari pakaian yang kita kenakan sehari-hari tuh bersih dan nyaman. Ngomong-ngomong soal bersih, bagi beberapa orang, mencuci pakaian adalah hal yang melelahkan dan buang-buang waktu. Tentunya ini berlaku untuk mereka yang sibuk beraktifitas di luar rumah.

 

Gak heran kalau jasa laundry bertebaran di mana-mana dan jadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan beberapa tahun belakangan. Tapi bagi sebagian orang mencuci baju sendiri masih jadi pilihan favorit. Jadi, lebih hemat mana sih, laundry atau cuci sendiri? 

 

Kapan sih saat yang tepat menggunakan jasa laundry

 

Gak ada yang salah dengan lebih memilih menggunakan jasa laundry atau mencuci sendiri kok. Ada saat-saat di mana jasa laundry sangat tepat digunakan:

 

– Sibuk bekerja dan gak punya asisten rumah tangga

– Sedang dalam kondisi fisik yang gak fit atau sakit

– Pulang dari liburan selama beberapa hari dan lelah

– Mesin cuci di rumah sedang gak berfungsi atau rusak

– Mesin pompa air di rumah rusak

 

laundry atau cuci sendiri

Kalau lagi sakit atau sibuk, gunain aja jasa laundry, selain bantu perekonomian rakyat juga hemat waktu kan!

 

 

[Baca: 5 Cara Menghemat Listrik Rumah yang Bukan Sekedar Tips Doang]

 

 

Simulasi perhitungan biaya yang dikeluarkan antara jasa laundry dengan mencuci sendiri

 

Contoh kasus, sebuah rumah dengan 4 orang anggota keluarga yang selalu sibuk bekerja dan beraktifitas di luar rumah:

 

Jasa Laundry

Tarif cuci baju 1kg = Rp 5.000

Penggunaan jasa laundry = Satu kali seminggu

Berat pakaian = 11kg – 17kg = Rp 55 ribu – Rp 85 ribu

Jadi dalam satu bulan keluarga ini menghabiskan uang sebesar Rp 220 ribu – Rp 340 ribu untuk jasa laundry.

 

Mencuci pakaian sendiri

Detergent anti noda = Rp 35 ribu (1,8kg)

Pengharum pakaian = Rp Rp 10 ribu (900ml)

Pelembut pakaian untuk setrika = Rp 6000 (250ml)

 

Untuk satu keluarga dengan 4 anggota kurang lebih membutuhkan:

Detergent = Rp 35 ribu x 4 = Rp 140 ribu

Pengharum pakaian = Rp 10 ribu x 2 = Rp 20 ribu

Pelembut pakaian = Rp 6000 x 4 = Rp 24 ribu

Total pengeluaran = Rp 184 ribu per bulan

 

Kelebihan dan kekurangan jasa laundry dan mencuci sendiri

 

Jasa Laundry Mencuci Sendiri
Kelebihan:1. Hemat energi dan waktuMemilih jasa laundry, berarti kamu gak perlu repot dan memeras keringat lagi. Tinggal terima beres saja. 2. Hemat air dan listrikSelain hemat energi, menggunakan jasa laundry juga menghemat penggunaan air dan listrik di rumah loh.

3. Lebih praktis

Sekarang banyak jasa laundry yang menyediakan layanan ambil. Kamu cukup siapkan pakaian-pakaian yang akan dicuci, telepon dan duduk manis menunggu mereka datang.

 

Kekurangan:

  1. Biaya yang dikeluarkan lebih besar.
  2. Gak bisa melihat proses pencucian laundry.
  3. Hasil pakaian yang dilaundry bisa rusak, luntur atau hilang.
  4. Waktu pakaian yang selesai dilaundry bisa lebih lama.
Kelebihan:1. Hemat biaya2. Proses pencucian termonitor karena dilakukan sendiri. 3. Meminimalisir kerusakan dan kehilangan pakaian.  

 

 

 

 

 

Kekurangan:

  1. Butuh waktu dan tenaga
  2. Menambah beban tagihan mesin pompa air, mesin cuci dan setrika.

 laundry atau cuci sendiriKalau suasana hati lagi happy, badan lagi fit, oke deh cuci baju sendiri boleh aja kok!

 

 

Simulasi di atas hanya estimasi besaran biaya yang memberi gambaran berapa yang harus kamu keluarkan setiap bulannya ya. Jadi bisa saja lebih kecil atau besar.

 

Menjaga kebersihan pakaian yang kita kenakan sehari-hari itu penting. Karena pakaian akan menempel di tubuh kita, gak mau dong terkena penyakit kulit atau merasa gak nyaman.

 

Cara manapun yang kamu pilih atau suka, menggunakan jasa laundry atau mencuci pakaian sendiri gak masalah kok. Sesuaikan saja dengan situasi dan kondisi kamu masing-masing.

 

[Baca: Pengin Rutinitas Belanja Bulanan Gak Bikin Kantong Kebobolan Simak 6 Trik Belanja Bulanan Ini)

 


Jangan maksain untuk cuci baju sendiri ketika lagi sakit semisal. Dan jangan juga gaya-gayaan laundry baju terus padahal kantong pas-pasan.

 

 

 

Image Credit:

  • http://bulletinmetropolis.com/home/wp-content/uploads/2012/07/LAUNDRY.jpg
  • http://www.molto.co.id/media/molto/klimg/news/2014/07/03/1915/664xauto-cuci-baju-sendiri-siapa-takut-1407039.jpg

 

Cari Cara Jadi Sukses? Yang Penting Gak Pelihara 6…

‘Lisa, lu doain ya gue bisa naik gaji bulan depan’ Rina berujar ke rekan kerjanya dengan mata berbinar. ‘Iya gue doain, makanya lu tunjukin...
ID_Prasetyo
2 min read

Pendidikan Keuangan Sejak Dini: Patutkah Memberi Anak Uang untuk…

Semua anggota keluarga sudah selayaknya punya tanggung jawab sama dalam membereskan rumah. Bahkan sekalipun keluarga itu sudah punya asisten rumah tangga.   Para ibu...
ID_Prasetyo
2 min read

Kenali Ragam Metode dan Biaya Sunat Anak Agar Tahu…

Tahu sunat alias khitan kan? Yup, sunat adalah semacam operasi kecil untuk melepaskan kulup atau kulit yang menutup ujung penis. Di Indonesia, sunat bukan hal...
ID_Prasetyo
3 min read